info@iain-jember.ac.id 081234567890

Dari Hobi Menjadi Peluang Emas; Lagi-Lagi Zahwa Juara APE Tingkat Nasional

Home >Berita >Dari Hobi Menjadi Peluang Emas; Lagi-Lagi Zahwa Juara APE Tingkat Nasional
Diposting : Kamis, 03 Dec 2020, 00:15:08 | Dilihat : 239 kali
Dari Hobi Menjadi Peluang Emas; Lagi-Lagi Zahwa Juara APE Tingkat Nasional


Senin, 30 November 2020 merupakan hari yang sangat membahagiakan bagi Daaiyah Zahwa Intana salah satu mahasiswi program studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) IAIN Jember. Sebab, hari itu adalah hari diumumkannya lomba nasional pembuatan Alat Peraga Edukatif (APE) yang telah diikutinya. Lomba tersebut diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan PIAUD IAIN Tulungagung dalam rangka Gebyar Mahasiswa Pendidikan Islam Anak Usia Dini dengan tema “Cipta Kreatif dan Inovasi Mahasiswa di Masa Pandemi” pada tanggal 19-25 November 2020 secara online.

Dalam lomba kali ini Zahwa memperoleh juara III, yang sebelumnya ia juara I pada jenis lomba yang sama. Meskipun demikian, hasil kejuaraan ini tetap membanggakan bagi Zahwa dan juga prodi PIAUD IAIN Jember. Sebab, dari sekian banyak peserta dan setingkat nasional, Zahwa bisa masuk 3 besar. Hal ini tentunya tidaklah  mudah, butuh motivasi, persiapan yang matang, serta memerlukan ide-ide cemerlang untuk bisa mengalahkan peserta lain.

“Motivasi saya mengikuti lomba APE ini adalah untuk mengembangkan keterampilan dan kreatifitas, juga mengisi waktu luang dimasa pandemi saat ini,” ujar Zahwa.

Ia juga menambahkan, “Tips khusus untuk menjadi juara sebenarnya tidak ada, saya hanya selalu mencoba melakukan yang terbaik ketika melakukan sesuatu. Membuat kerajinan dan berkreasi merupakan hobi saya dari kecil, sehingga ketika saya berada di prodi PIAUD hobi ini saya salurkan dengan membuat APE.”

Dalam mengikuti perlombaan tentunya ada persiapan sebelum akhirnya dapat mencapai kejuaraan. Seperti yang dipaparkan oleh Zahwa, “Persiapan yang saya lakukan sebelum lomba adalah dengan mencari ide-ide baru, yaitu dengan melihat-lihat tingkat pencapaian perkembangan anak dan referensi-referensi APE dari berbagai media sosial.  Setelah itu saya akan membuat rancangan secara detail agar memudahkan dalam pembuatan APE.”

Prestasi membanggakan ini, tentunya diharapkan menjadi motivasi bagi mahasiswa prodi PIAUD. Supaya bisa mengembangkan keterampilannya, yang memang sangat penting bagi calon pendidik anak usia dini. Sebab, APE merupakan salah satu media pembelajaran yang wajib ada pada lembaga PAUD. Dan tentunya APE itu tidak hanya mengandalkan beli yang sudah ada di toko, melainkan karya inovatif dari guru/ pendidik PAUD. (RR)

Berita Terbaru

Sosialisasi Kebijakan Survey Kepuasan Dosen dan Tenaga Kependidikan Terhadap Manajemen SDM
09 Sep 2023By oprpiaud
Prodi PIAUD UIN KHAS Jember Melakukan Benchmarking di PIAUD UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
05 Sep 2023By oprpiaud
Sosialisasi Kebijakan Pengembangan Kurikulum FTIK UIN KHAS Jember 2021
17 Aug 2023By oprpiaud

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru

Lowongan

;