info@iain-jember.ac.id 081234567890

HMPS PIAUD Adakan Webinar Nasional Dalam Puncak Program Kerja Tahunannya

Home >Berita >HMPS PIAUD Adakan Webinar Nasional Dalam Puncak Program Kerja Tahunannya
Diposting : Selasa, 08 Dec 2020, 01:11:44 | Dilihat : 246 kali
HMPS PIAUD Adakan Webinar Nasional Dalam Puncak Program Kerja Tahunannya


Sabtu, 5 Desember 2020 Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (HMPS PIAUD) IAIN Jember melaksanakan acara seminar melalui situs web atau yang sering disebut webinar. Kegiatan ini dilaksanakan guna memenuhi program kerja HMPS PIAUD bidang keilmuan. Dalam acara webinar nasional kali ini mengambil tema “Tips Dan Trik Menjadi Orang Tua Kreatif Dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Selama Pandemi Covid-19”.

Tema tersebut sangat menarik dan sangat penting dibahas dimasa pandemi seperti sekarang ini. Sebab, dimasa pandemi ini anak-anak belajar di rumah dan seluruh waktunya bersama orang tua atau keluarganya. Sehingga perlu diketahui trik-trik apa saja yang perlu dipahami oleh orang tua ketika mendampingi anak-anaknya belajar di rumah, terutama pada anak usia dini yang masih sangat memerlukan pendampingan dalam belajar.

Selain mendapatkan ilmu bermanfaat dan sertifikat, panitia juga menyediakan hadiah berupa voucher pulsa kepada 3 pemenang. Hadiah tersebut diberikan bagi peserta yang aktif dan merepost dokumentasi webinar melalui akun media sosial Instagram dengan kalimat-kalimat motivasi, menarik, dan semangat. Sehingga para peserta webinar sangat antusias dalam mengikuti acara webinar dari awal sampai selesai.

Yanti Nurhayati, yaitu dosen PIAUD FTIK IAIN Jember yang merupakan narasumber pertama dalam webinar ini, ia menyampaikan, “Berdasarkan hasil wawancara yang telah saya lakukan kepada para ibu-ibu yang memiliki anak usia PAUD, sebanyak 23 responden dapat diambil kesimpulan bahwa motivasi mereka dalam menyekolahkan anaknya di lembaga PAUD agar: anaknya bisa mengaji, membaca, berhitung, dan bergaul (bersosialisasi).”

Yanti juga menambahkan, “Beberapa tips yang bisa dilakukan saat mendampingi anak belajar di rumah, antara lain: menghindari kata `tidak bisa’, menghindari sikap marah kepada anak, hipertensi (emosi) tekanan darah tinggi, bertengkar dengan suami/ istri, dan acuh tak acuh (dibiarkan saja).”

Sedangkan Renda Nur Rofi`ah, yaitu mantan ketua HMPS PIAUD IAIN Jember sekaligus ketua umum Ikatan Mahasiswa PIAUD Seluruh Indonesia (IKMAPISI) yang merupakan narasumber ke-dua memaparkan, “Menjadi orang tua kreatif itu tidaklah mudah seperti yang kita bayangkan, dibutuhkan tenaga dan kesabaran yang ekstra. Sebab, menjadi orang tua kreatif ketika mendampingi anak belajar di rumah itu sama halnya bahwa orang tua harus bisa berperan sebagai guru bagi anak-anaknya di rumah.”

“Dengan dampingan orang tua yang kreatif ketika anak belajar di rumah, maka anak akan terstimulasi dengan baik. Semua aspek perkembangan anak usia dini yang meliputi: Nilai Agama dan Moral (NAM). Kognitif, Bahasa, Fisik Motorik, Sosial-Emosional, dan Seni akan tercapai secara optimal sesuai dengan tingkat usianya”, imbuh Renda.

Acara tersebut diikuti oleh peserta umum, baik dari kalangan para mahasiswa prodi PIAUD, para dosen PIAUD, maupun para orang tua yang memiliki anak usia PAUD. (RR/ Hermita)

Berita Terbaru

Rapat Koordinasi
20 May 2024By oprpiaud
Sosialisasi Kebijakan Survey Kepuasan Dosen dan Tenaga Kependidikan Terhadap Manajemen SDM
09 Sep 2023By oprpiaud
Prodi PIAUD UIN KHAS Jember Melakukan Benchmarking di PIAUD UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
05 Sep 2023By oprpiaud

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru

Lowongan

;