info@iain-jember.ac.id 081234567890

Juara Lomba APE Tingkat Nasional

Home >Berita >Juara Lomba APE Tingkat Nasional
Diposting : Senin, 25 Oct 2021, 23:51:25 | Dilihat : 519 kali
Juara Lomba APE Tingkat Nasional


Pertengahan Oktober, kembali menuai kejuaraan lomba lagi dari perwakilan mahasiswa prodi PIAUD UIN KHAS Jember. Hal ini merupakan suatu kebanggaan yang luar biasa, karena dari prodi PIAUD sudah membawa nama harum UIN KHAS Jember. Sudah kesekian kalinya mengikuti Lomba Alat Permaina Edukatif (APE) yang diikuti oleh mahasiswi PIAUD yang bernama lengkap Daa`yah Zahwa Imtana ini selalu mendapatkan kejuaraan di tingkat nasional.

"Lomba ini diadakan oleh IAIN Syekh Nurjati Cirebon dalam rangka pekan seni guru dan anak 2021 yang bertema 'Optimalisasi Sinergi Antara Anak Yang Hebat, Pendidik Yang Cekat dan Mahasiswa Yang Tanggap'. Untuk lomba mahasiswa, ada 4 lomba yang bisa diikuti yaitu : Tari, APE, Fashion dan Gambar. Lomba tersebut diadakan secara online dengan cara mengupload video pada link youtube. Dalam lomba kali ini saya mengikuti lomba APE yang bertema lingkunganku." Terang Zahwa.

Dalam lomba APE tersebut, Zahwa mengambil tema Lingkunganku dan membuat miniatur APE terkait lingkungan anak, yang terdiri dari :

  1. Rumah yang memiliki ruangan2 didalamnya, agar anak lebing mengenal lingkungan rumahnya.
  2. Anggota keluarga mulai dari kakek, nenek, ayah, ibu, hingga saudara anak.
  3. Kebun yang terdiri dari 3 macam tanaman, agar anak dapat belajar mengenal tanaman umbi-umbian melalui daunnya dan cara merawatnya.
  4. Masjid, agar anak mengenal tempat ibadah agamanya.
  5. Kolam ikan yang terdiri dari 3 jenis ikan.
  6. Perternakan yang terdiri dari 3 jenis hewan dan tempat tinggalnya, agar anak dapat belajar jenis makanan yang dapat dimakan oleh hewan tersebut.

Zahwa menegaskan bahwa "Trik atau persiapan khusus sebenarnya tidak ada, saya hanya selalu berdo’a dan mencoba melakukan yang terbaik ketika melakukan sesuatu. Pada saat membuat APE, mungkin persiapannya adalah membuat perencanaan dengan detail dan rinci, agar hasil APE sesuai dengan yang diinginkan." (RR/Zahwa)

 

 

Berita Terbaru

Sosialisasi Kebijakan Survey Kepuasan Dosen dan Tenaga Kependidikan Terhadap Manajemen SDM
09 Sep 2023By oprpiaud
Prodi PIAUD UIN KHAS Jember Melakukan Benchmarking di PIAUD UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
05 Sep 2023By oprpiaud
Sosialisasi Kebijakan Pengembangan Kurikulum FTIK UIN KHAS Jember 2021
17 Aug 2023By oprpiaud

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru

Lowongan

;