info@iain-jember.ac.id 081234567890

Kuliah Tamu Prodi PIAUD: Pelatihan Menulis Cerita dan Teknik Mendongeng Bagi Anak Usia Dini

Home >Berita >Kuliah Tamu Prodi PIAUD: Pelatihan Menulis Cerita dan Teknik Mendongeng Bagi Anak Usia Dini
Diposting : Rabu, 25 Nov 2020, 23:58:40 | Dilihat : 303 kali
Kuliah Tamu Prodi PIAUD: Pelatihan Menulis Cerita dan Teknik Mendongeng Bagi Anak Usia Dini


Sabtu, 21 November 2020 Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember mengadakan peningkatan kompetensi mahasiswa melalui acara kuliah tamu secara virtual melalui aplikasi zoom meeting. Kegiatan kuliah tamu ini dibuka oleh dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Jember, Mukni’ah.

 Dalam sambutannya, dekan FTIK mengatakan “Di era pendidikan yang terus mengalami kemajuan ini, guru PAUD dituntut agar bisa menjadi guru yang profesional. Sebagai pendidik harus bisa berinovasi dan memiliki keterampilan dalam mendidik siswanya, terlebih bagi anak usia dini yang memang memerlukan strategi-strategi yang menarik dan pembelajaran yang menyenangkan sehingga anak didik akan merasa enjoy dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Salah satunya yaitu keterampilan dalam bidang bercerita atau mendongeng. Karena anak kecil itu sangat suka dengan dongeng atau cerita-cerita yang menarik. Harapan saya, dengan adanya kuliah tamu dengan tema ‘Pelatihan Menulis Cerita dan Teknik Mendongeng’ ini nantinya mampu meningkatkan skill , sehingga nanti setelah lulus menjadi Sarjana PIAUD akan memiliki keterampilan dan keahlian menulis cerita maupun mendongeng.”

Mukni`ah juga menegaskan, “Belajar di waktu kecil bagai mengukir di atas batu, sedangkan belajar di waktu besar, bagai mengukir di atas air.” Kalimat bijak yang mengandung arti bahwa belajar di waktu masih muda akan sangat mudah diingat dan membawa manfaat bagi masa depan diri, sedangkan belajar di waktu sudah tua akan mudah hilang dan beda ketika belajar semasa kecil, itu disampaikan oleh Mukni`ah secara berulang-ulang. Dengan tujuan agar para mahasiswa peserta kuliah tamu ini terus bersemangat dalam belajar.

Heru Kurniawan (dosen IAIN Purwokerto), yang merupakan narasumber pertama pada kuliah tamu ini menyampaikan bahwa kebiasaan membacakan buku cerita bagi anak usia dini  mampu meningkatkan literasi. Ia membuktikan ketika anak-anaknya seringkali dibacakan buku cerita, tiba-tiba anaknya yang berusia PAUD bisa membaca kata secara langsung dan tidak dieja per huruf, padahal tidak diajarkan sebelumnya. Heru juga menjelaskan bahwa anak yang terbiasa dibacakan buku cerita juga akan menjadi anak yang gemar membaca hingga ia dewasa bahkan sampai mereka tua. “Sehingga sangatlah penting bagi calon pendidik PAUD belajar menulis cerita bagi anak usia dini.” Tegas Heru.

Narasumber kedua yaitu Sasmiyati (Pengawas TK Kabupaten Sleman, Yogyakarta) juga mengatakan, “Cerita ataupun dongeng bagi anak usia dini itu mampu memberikan pesan nilai moral yang bisa ditiru dalam kehidupan anak. Cerita bagi anak usia dini tidak harus panjang lebar, cukup pendek saja tetapi penuh makna yang isinya bisa diserap oleh anak. Dengan teknik mendongeng yang baik, maka mampu menarik perhatian anak sehingga mampu mengendalikan anak yang tidak bisa diam ketika belajar di dalam kelas.”

Kuliah tamu prodi PIAUD ini diikuti oleh seluruh mahasiswa PIAUD dan beberapa alumni dengan penuh semangat dan penuh kesan. Terbukti dari feedback yang mereka isi setelah selesai acara, hamper seluruh  peserta mengisikan atas sangat puasnya acara kuliah tamu dengan tema ‘Pelatihan Menulis Cerita dan Teknik Mendongeng Bagi Anak Usia Dini’ tersebut. Mereka juga menyampaikan melalui pesan grup WA, bahwa mereka berharap supaya ada kegiatan serupa lagi. Hal tersebut sebagai bukti bahwa acara kuliah tamu ini sangat berarti dan menarik bagi para mahasiswa. (RR)

Berita Terbaru

Sosialisasi Kebijakan Survey Kepuasan Dosen dan Tenaga Kependidikan Terhadap Manajemen SDM
09 Sep 2023By oprpiaud
Prodi PIAUD UIN KHAS Jember Melakukan Benchmarking di PIAUD UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
05 Sep 2023By oprpiaud
Sosialisasi Kebijakan Pengembangan Kurikulum FTIK UIN KHAS Jember 2021
17 Aug 2023By oprpiaud

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru

Lowongan

;