info@iain-jember.ac.id 081234567890

Kuliah Tamu "Statistika dalam Riset Pendidikan Anak Usia Dini"

Home >Berita >Kuliah Tamu "Statistika dalam Riset Pendidikan Anak Usia Dini"
Diposting : Rabu, 26 Jul 2023, 21:22:38 | Dilihat : 632 kali
Kuliah Tamu "Statistika dalam Riset Pendidikan Anak Usia Dini"


Selasa, 25 Juli 2023 program studi Pendidikan Islam Anaka Usia Dini (PIAUD) menyelenggarakan kegiatan kuliah tamu dengan tema "Statistika dalam Riset Pendidikan Anak Usia Dini". Kegiatan tersebut dilaksanakan di gedung FTIK lantai 2, dihadiri oleh 50 peserta yang terdiri dari dosen prodi PIAUD, mahasiwa prodi PIAUD dan beberapa mahasiswa dari prodi lain. Narasumber dari kegiatan kuliah tamu ini adalah Dr. Arika Indah Kristiana, S.Si., M.Pd., CIQnR, CIQaR., beliau merupakan dosen dari Universitas Jember prodi Matematika.

Dr. Istifadah, S.Pd., M.Pd.I, selaku koordinator prodi PIAUD, menyampaikan dalam sambutannya bahwa, "Kegiatan kuliah tamu ini sangat penting sekali untuk menambah wawasan dan pemahaman mahasiswa terkait dengan penelitian terlebih bagi mahasiswa atas yang akan mengambil skripsi. Supaya saat mengajukan judul skripsi nantinya teman-teman mahasiswa tidak lagi mengalami kebingungan, dan sudah siap dan mantap dengan tema/ judul yang akan diajukan. Untuk itu, saya berharap agar seluruh peserta kuliah tamu benar-benar memperhatikan apa yang disampaikan oleh pemateri dan mengikuti kegiatan kuliah tamu ini dari awal sampai selesai".

Dr. Arika, selaku pemateri dalam kegiatan kuliah tamu menegaskan bahwa, "Dalam penelitian kualitatif kita selalu dihadapkan dengan yang namanya hitungan atau bilangan yang secara otomatis membutuhkan rumus-rumus statistik. Dengan demikian, mempelajari statistika itu sangat dibutuhkan dan penting! Supaya hasil dari penelitian yang dilakukan benar-benar valid. Begitu juga dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK), sebenarnya juga membutuhkan statistik karena terdapat beberapa siklus untuk mengukur peningkatan suatu kemampuan pada anak. Sehingga statistik ini juga sangat perlu dipelajari oleh para calon pendidik (guru), termasuk calon guru PAUD".

Dalam kegiatan kuliah tamu ini dilaksanakan dari pagi jam 08.00 WIB sampai dengan jam 11.00 WIB, dengan antusiasme para peserta. Semangat para peserta yang begitu luar biasa ditambah oleh moderator (Maulana) yang penuh semangat dan memberikan beberapa ice breaking, menjadikan kegiatan kuliah tamu ini sangat menyenangkan dan menarik. Maulana menyampaikan kesannya, "Acara kuliah tamu ini sangat menarik, apalagi pematerinya dalam menyampaikan materinya sangat jelas dan detail sehingga mudah sekali dipahami oleh kami para mahasiswa. Harapan kami, komunikasi dan diskusi dengan narasumber bisa tetap berlangsung meskipun via online". (RR)

Berita Terbaru

Sosialisasi Kebijakan Survey Kepuasan Dosen dan Tenaga Kependidikan Terhadap Manajemen SDM
09 Sep 2023By oprpiaud
Prodi PIAUD UIN KHAS Jember Melakukan Benchmarking di PIAUD UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
05 Sep 2023By oprpiaud
Sosialisasi Kebijakan Pengembangan Kurikulum FTIK UIN KHAS Jember 2021
17 Aug 2023By oprpiaud

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru

Lowongan

;