info@iain-jember.ac.id 081234567890

Mantan Ketua HMPS PIAUD, Menjadi Narasumber Tingkat Nasional

Home >Berita >Mantan Ketua HMPS PIAUD, Menjadi Narasumber Tingkat Nasional
Diposting : Minggu, 22 Nov 2020, 22:16:31 | Dilihat : 310 kali
Mantan Ketua HMPS PIAUD, Menjadi Narasumber Tingkat Nasional


Istilah BDR (Belajar Dari Rumah) saat ini sudah tidak asing lagi dalam dunia pendidikan. Kebijakan baru yang dikeluarkan oleh Kemendikbud melalui SE Mendikbud No. 4 Th. 2020 dan dijelaskan dengan SE Sesjen Mendikbud No. 15 Th. 2020 ini sudah mulai diterima dan diterapkan di seluruh wilayah Indonesia. Kebijakan ini dikeluarkan dengan tujuan pemenuhan hak peserta didik untuk mendapatkan layanan pendidikan selama masa darurat Covid-19. Metode yang digunakan yaitu Dalam Jaringan (Daring) dan Luar Jaringan (Luring).

Akan tetapi, penerapan BDR yang terhitung mulai bulan Maret hingga saat ini masih mengalami berbagai kendala dalam proses penerapannya, khususnya dalam dunia pendidikan anak usia dini.Pembelajaran anak usia dini yang biasanya dilakukan melalui tatap muka secara langsung, kini harus menyesuaikan dengan kebijakan pemerintah yaitu melalui "Belajar Dari Rumah".

“Salah satu kendala yang dijumpai di lapangan seperti yang disampaikan yaitu, masih dijumpai orang tua yang kurang memperhatikan pendidikan anaknya, khususnya di daerah beliau mengajar (pedesaan yang pekerjaan orang tua rata-rata adalah petani). Di wilayah ini pembelajaran dari rumah dilaksanakan secara Luring, dimana tugas yang diberikan sekolah disampaikan oleh guru kepada orang tua melalui pesan di grup WhatsApp. Akan tetapi, tidak semua siswa mengumpulkan tugas yang sudah diberikan. Hal ini dikarenakan latar belakang pendidikan orang tua tersebut, sebagian dari mereka masih belum memahami cara menghadapi anak usia dini dalam proses pembelajaran yang menyenangkan (anak tidak mau mengerjakan tugas). Sehingga banyak orang tua yang menyerah dan tidak lagi memperhatikan pendidikan anaknya melalui Pembelajaran Dari Rumah.” Ungkap Bunda Indri (mahasiswi IAID Ciamis).

Permasalahan tersebutlah yang kemudian diangkat menjadi tema pembahasan dalam acara Sharing Session yaitu “Talk About BDR (Belajar Dari Rumah) Untuk Anak Usia Dini” yang dilaksanakan pada hari Selasa, tanggal 17 November 2020 lalu. Acara tersebut diselenggarakan oleh program studi PIAUD Institut Agama Islam Darussalam (IAID) Ciamis yang diikuti secara umum oleh mahasiswa PIAUD seluruh wilayah Indonesia.

Renda Nur Rofi`ah adalah narasumber dalam acara tersebut, merupakan mahasiswi yang baru saja menyelesaikan skripsinya pada prodi PIAUD IAIN Jember. Renda merupakan aktivis mahasiswi, yang pernah menjabat sebagai ketua Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) PIAUD di IAIN Jember periode tahun 2018-2019. Selain itu, Renda juga menjabat sebagai ketua umum Ikatan Mahasiswa PIAUD Seluruh Indonesia (IKMAPISI) periode tahun 2019-2021. Dalam acara itu, Renda memaparkan beberapa tips dan trik dalam memberikan solusi dari permasalahan-permasalahan yang dialami selama BDR.

“Sebetulnya, salah satu strategi yang dapat diterapkan guru dalam pembelajaran dari rumah ini adalah membangun komunikasi positif antara guru dengan orangtua. Guru harus pro aktif untuk menanyakan apa kendala yang dihadapi orang tua dalam penerapan BDR ini. kemudian guru juga harus menyampaikan trik untuk menarik perhatian siswa dlm proses pembelajaran, misalnya ketika anak sedang berbicara orang tua harus memperhatikan apa yang disampaikan anak, ketika berbicara dengan anak orang tua harus menatap mata anak, menyiapkan kesabaran, tidak kaku dan menyampaikan dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh anak.” Jelas Renda

Renda juga menegaskan bahwa, “Para pendidik saat ini harus lebih kuat dari biasanya, karena tantangan pendidikan saat ini dirasa lebih banyak dibandingkan pembelajaran tatap muka secara langsung. Guru diharuskan mengerti teknologi untuk bisa melaksanakan BDR dengan baik. Selain itu, guru juga harus memberikan arahan kepada orang tua dlm menggantikan tugas guru untuk memberikan materi pembelajaran kepada anak-anak di rumah.” (RR/RND)

Berita Terbaru

Sosialisasi Kebijakan Survey Kepuasan Dosen dan Tenaga Kependidikan Terhadap Manajemen SDM
09 Sep 2023By oprpiaud
Prodi PIAUD UIN KHAS Jember Melakukan Benchmarking di PIAUD UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
05 Sep 2023By oprpiaud
Sosialisasi Kebijakan Pengembangan Kurikulum FTIK UIN KHAS Jember 2021
17 Aug 2023By oprpiaud

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru

Lowongan

;