info@iain-jember.ac.id 081234567890

Seminar Nasional "Strategi Peningkatan Kualitas Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini di Era 5.0"

Home >Berita >Seminar Nasional "Strategi Peningkatan Kualitas Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini di Era 5.0"
Diposting : Kamis, 13 Jul 2023, 01:07:28 | Dilihat : 573 kali
Seminar Nasional "Strategi Peningkatan Kualitas Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini di Era 5.0"


Sabtu, 8 Juli 2023 HMPS PIAUD mengadakan Seminar Nasional mengenai parenting anak usia dini, dengan tujuan untuk memberikan sarana untuk mendapatkan ilmu baru kepada orang tua dan mahasiswa pendidikan anak usia dini. Tema yang diangkat dari seminar nasional tersebut adalah mengenai strategi yang perlu dilakukan dalam upaya peningkatan kualitas pola asuh orang tua terhadap perkembangan anak usia dini pada era 5.0.

Narasumber dari seminar nasional yaitu ibu Yurita Erviana, M.Pd Dosen PIAUD di FITK Universitas Sains Al-Qur’an. Jumlah peserta yang mengikuti seminar nasioal ini adalah 158 peserta. Adapun jumlah peserta tersebut terdiri dari mahasiswa semester 2 sampai dengan 6, dosen, dan umum. Seminar nasional ini dilaksanakan mulai pukul 08.00 WIB via zoom meeting.

Menurut Mundi (panitia seminar nasional), "Seminar dengan tema parenting ini sangat penting bagi orang tua maupun mahasiswa untuk mengetahui ilmu dasar ketika mengasuh anak. Pada seminar kali ini disampaikan bagaimana cara parenting yang tepat dan sesuai dengan umur anak. Kualitas pola asuh orang tua yang baik akan menjadikan pribadi baik pada anak. Dengan diadakannya seminar kali ini, diharapkan orang tua yang mengikuti seminar ini memiliki bekal untuk mendidik anaknya dengan baik dan benar".

Yurita menyampaikan bahwa, "Jenis pola asuh yang dapat diberikan pada anak yang notabennya memiliki perbedaan karakter pada setiap individunya. Sebagai orang tua mestinya peka terhadap perbedaan karakteristik anak dan bagaimana cara menyikapi sikap yang disampaikan oleh anak. Pada seminar kali ini juga disampaikan apa saja tantangan yang akan dihadapi oleh orang tua pada era 5.0 ini.  Dimana hampir semua hal disertai dengan tekhnologi internet, termasuk anak-anak jaman sekarang yang sudah canggih menggunakannya. Sebagai orang tua kita harus bisa memanfaatkan tekhnologi yang mudah diakses ini untuk memcari tau mengenai banyak hal untuk menstimulasi perkembangan anak. Orang tua juga harus siap menghadapi era yang modern ini."

"Pesan yang bisa disimpulkan dari seminar ini yaitu, pada era ini orang tua mestinya harus paham mengenai pola asuh yang diberikan pada anak. Sebagai orang tua, yang dapat dilakukan ketika memilih jenis pola asuh adalah dengan cara memperhatikan apa saja minat bakat anak, apa kemampuan yang dimiliki oleh anak, kegiatan apa yang disenangi atau dibenci anak, memperhatikan tingkah laku anak, dan yang paling penting memperhatikan umur anak. Karena, pada dasarnya setiap umurnya, anak memiliki perkembangan yang harus dipenuhi pada umur tersebut. Hal ini sangat penting bagi perkembangan anak." Tegas Mundi.

Berita Terbaru

Sosialisasi Kebijakan Survey Kepuasan Dosen dan Tenaga Kependidikan Terhadap Manajemen SDM
09 Sep 2023By oprpiaud
Prodi PIAUD UIN KHAS Jember Melakukan Benchmarking di PIAUD UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
05 Sep 2023By oprpiaud
Sosialisasi Kebijakan Pengembangan Kurikulum FTIK UIN KHAS Jember 2021
17 Aug 2023By oprpiaud

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru

Lowongan

;